Latest Trend

TIPS MEMBUAT CAKE ANTI GAGAL

Tips Cake Anti Gagal

Untuk menjadi pebisnis di bidang bakery, tidak harus di mulai dengan sesuatu yang rumit. Mencoba dan terus konsisten adalah kunci utama keberhasilan suatu usaha. Untuk memulai bisnis bakery, yang perlu di perhatikan adalah tips – tips dasar proses  membuat cake, yang biasanya dibilang rumit bagi pemula, bahkan terkadang bagi Pakarians yang sudah sering membuatnya pun bisa saja gagal.

Untuk menghindari kegagalan dalam membuat cake atau bolu, Pakarians bisa mengikuti 8 tips berikut ini. 

  1. Adonan Cake Mengembang

Supaya cake mengembang sempurna selalu sesuaikan takaran bahan-bahan dengan yang ada di resep, siapkan terlebih dulu peralatan sebelum mulai membuat kue, bacalah resep dengan teliti. Satu hal yang penting agar cake tidak gosong, cek suhu alat pemanggang sesuai dengan yang dituliskan pada resep sebelelum adonan ditaruh dalam panggangan.

 

  1. Perhatikan Takaran Gula

Penyebab kulit cake yang lengket dan terlihat mengkilap adalah karena takaran gula yang tidak sesuai. Jangan menambah atau mengurangi takaran gula dalam resep. Selain itu, selalu nyalakan oven sesaat sebelum kita mengocok adonan. Saat adonan sudah jadi, suhu oven sudah sesuai dengan yang diperlukan.

 

  1. Durasi Mengocok Adonan

Hindari mengocok adonan terlalu lama, tanda proses adonan sudah cukup adalah warnanya pucat dan kental. Sendokkan spatula pada adonan. Kalau tetesan adonannya turun secara perlahan, tandanya adonan sudah siap dipanggang.

 

  1. Cake retak

Penyebab cake retak, karena proses memasukkan tepung langsung ke adonan. Ayak tepung atau masukkan secara perlahan dengan spatula. Jangan masukkan adonan ke dalam oven yang suhunya terlalu tinggi jika tidak ingin permukaan cake menjadi retak.

 

  1. Cake keras

Menyeimbangkan adonan  yang satu dengan yang  lain, sangat perlu di perhatikan agar cake tidak keras. Hindari melakukan step berikutnya sebelum proses membuat cake benar-benar selesai. Misalnya jangan memasukan bahan berikutnya saat kocokan telur belum mengembang.

 

  1. Cake menempel di loyang

Oleskan margarin tipis-tipis saja pada loyang, setelah itu lapisi dengan kertas roti. Perhatikan saat menuang adonan pada loyang, jumlah adonan harus 2/3 dari ukuran loyang. Saat cake matang dan dikeluarkan dari alat pemanggang, biarkan agar uap panasnya hilang. Jika tekstur cake sudah kokoh, baru lepaskan dari loyang.

 

  1. Bahan campuran mengendap

Buah kering cenderung mengandung air yang nantinya akan membuat adonan menjadi lebih berat. Jika membuat cake yang ditambahkan bahan campuran seperti kacang-kacangan atau buah kering, cincang dulu menjadi ukuran kecil.

 

  1. Pemilihan bahan-bahan resep yang tepat.

Setiap jenis cake / bolu membutuhkan karakteristik bahan resep yang berbeda, di pasaran biasanya ada jenis margarine beraroma butter dan fruity. Selain itu, tidak semua jenis margarin tahan dalam suhu pemanggangan (Bake Stable).  Pemilihan bahan yang tepat untuk jenis cake / bolu yang ingin kita buat, tentu akan berpengaruh pada hasil akhir yang maksimal. Shortening yang diekomendasikan adalah Filma BOS sebagai lemak nabati pengganti minyak mentega berkwalitas tinggi yang tahan dalam suhu pemanggangan. Untuk mendapatkan adonan cake, cookies dan bolu yang maksimal, bisa berikan perbandingan resep 4 : 1 untuk Filma Margarin dan Filma BOS.  Misalnya : 200 gr Filma Margarin dan 50 gr Filma BOS.

 

Jika tips – tips di atas di praktekkan dengan tepat secara konsisten, serta berani berimprovisasi dan melakukan inovasi di setiap jenis resep yang akan di buat, maka Pakarians akan segera beranjak dari skill pemula menjadi ahli di bidangnya.

 

Selamat mencoba !

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.