Latest Trend

TIPS MEMBUAT DAN MENGENAL METODE UNBAKED

Pada tahun 2018, terdapat trend yang muncul di media sosial sampai sekarang tentang produk pastry atau olahan pastry yang sangat sederhana yaitu dengan resep cake atau kue yang menggunakan resep dengan bahan dasar yang juga sangat sederhana dan metode yang mudah di buat. Salah satu metode yang paling populer adalah Unbaked.


Unbaked berasal dari bahasa inggris yang artinya adalah Tidak Dipanggang, sehingga metode pematangan produk tidak memerlukan Oven atau microwave. Trend ini muncul karena kebanyakan orang tidak memiliki oven atau microwave, tidak mengerti cara menggunakan alat panggang atau merasa metode panggang terlalu sulit dan memakan waktu, sehingga mereka tidak ada keinginan sedikit pun untuk mencoba resep yang terdapat di media sosial karena dirasa merepotkan.

Unbaked simpel dan praktis
Produk pastry yang sering digunakan untuk penerapan metode unbaked umumnya Muffin, Brownies dan Cheese cake. Produk pastry yang menjadi ciri paling terlihat adalah produk yang memiliki tingkat kegagalan rendah dan tidak membutuhkan pengembangan atau proses pengocokan yang kompleks seperti menggunakan mixer. Sehingga meskipun terkesan asal-asalan tapi tingkat keberhasilan dari resep-resep unbaked umumnya memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Berikut jenis-jenis resep dengan penggunaan Unbaked :

  1. Unbaked Cheese cake
    umumnya hanya menggunakan 3 bahan dasar, Biskuit atau crackers sebagai dasarnya (base) kemudian Cream cheese dan cream (heavy cream or light cream tidak masalah, sesuai selera) Pertama Hancurkan crackers sampai menjadi butiran kasar (jangan terlalu halus) campur dengan mentega atau margarin cair, campur merata, tuang kedalam cetakan yang ingin digunakan, ratakan dengan sendok, sisihkan. Aduk cream cheese sebentar dengan ballon whisk hingga lembut, masukkan cream aduk hingga merata, tuang kedalam cetakan yang sudah disiapkan, taruh didalam freezer hingga solid. Siap disajikan. Supaya lebih awet Cream dihangatkan bersama dengan cream cheese aduk hingga terbentuk adonan yang lebih kental selebihnya sama seperti proses diatas.
     
  2. Unbaked Chocolate Cake
    Hanya membutuhkan 3 bahan dasar, Dark Chocolate Cooking, Heavy cream, crackers. Prosesnya kurang lebih sama seperti Unbaked cheese cake. Pertama giling kasar crackers kemudian campur dengan Filma margarine atau margarine cair, aduk rata, ratakan diloyang yang ingin dipakai. Kedua, Masukkan heavy cream kedalam pan atau pot yang ingin digunakan, panaskan hingga hangat kuku sekitar (40-55 Celcius) Masukkan Dark Chocolate kedalam cream yang sudah dihangatkan, aduk perlahan hingga Chocolate meleleh sempurna. Kemudai tuang ke loyang yang sudah disiapkan sebelumnya, biarkan hingga dingin, kemudian masukkan kedalam freezer hingga solid dan dingin. Siap disajikan.

Jadi kesimpulannya, Unbaked cheese cake dan sejenisnya menjadi populer dikalangan remaja dan dewasa dikarenakan cara membuat yang mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Sehingga, mudah untuk dipraktekkan dan mudah untuk mendapatkan bahan di warung atau minimarket terdekat. Serta rasa dari produk yang dihasilkan cukup lezat dan kekinian khas anak muda zaman sekarang (2020) namun, tidak semua produk pastry dapat dibuat dengan metode unbaked, contoh bolu, pie, puff pastry, roti, dan lainnya. Sehingga sangat terbatas penggunaan metode Unbaked ini, namun trend ini memunculkan metode membuat kue dengan lebih sederhana lagi.

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.