Cake

MENGENAL BOBA CAKE SI KUE KEKINIAN

Siapa yang belum tahu Boba? Boba atau bubble merupakan bola-bola kecil yang berbahan dasar tepung tapioka yang pertama kali dipopulerkan di Taiwan. Tapioka yang dasarnya tidak memiliki rasa ini pun kerap disantap bersama dengan minuman-minuman manis seperti teh atau susu. Maka dari itu, lahirlah sebuah inovasi minuman yang sekarang ini disebut dengan “Boba Drink” atau “Boba Tea”.

Boba banyak digemari orang-orang karena teskturnya yang kenyal dan rasanya yang tidak terlalu manis serta cocok untuk dinikmati bersama dengan minuman favorit mereka. Dengan maraknya toko-toko yang menawarkan produk Boba Drink, kita tidak bisa memungkiri kepopuleran Boba. Jika kita menghampiri mal terdekat, pasti kita bisa menemukan setidaknya 2 hingga 3 gerai minuman yang menjual Boba Drink.

Kepopuleran Boba membuat para pencintanya untuk berkreasi. Karena tidak hanya dinikmati sebagai minuman saja, namun Boba juga bisa dinikmati sebagai dessert kekinian. Akhir-akhir ini, banyak toko-toko yang menawarkan boba dalam bentuk kue, dimana boba yang biasanya sudah dicampur dengan brown sugar akan dituang di atas kue tersebut. Dessert ini kerap dikenal dengan nama “Boba Cake” atau “Boba Pan”.

Membuat Boba Cake pun tidak sulit. Tiga komponen untuk membuat Boba Cake yang nikmat adalah brown sugar boba itu sendiri, kue polos, dan saus cream cheese. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat brown sugar boba adalah :

  • 100 gram tepung tapioka
  • 50 gram brown sugar yang sudah diiris
  • 70 ml air matang
  • 1 L air mineral
  • 150 gram brown sugar pekat yang telah diiris

Untuk langkah-langkah membuat brown sugar boba adalah sebagai berikut:

  1. Rebus air & 50 gr brown sugar sampai mendidih dan gula larut.
  2. Matikan api. Masukkan tepung tapioka dan aduk rata.
  3. Setelah adonan menggumpal, pindahkan ke meja yang telah ditaburi tepung tapioka.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil.
  5. Didihkan 1 L air. Masukkan boba dan masak 15 menit hingga warna boba menjadi transparan.
  6. Setelah 15 menit, buang airnya dan masukkan kembali boba ke dalam panci. Tambahkan 150 gr brown sugar. Aduk sampai gula mencair. Boba siap dipakai

Setelah membuat brown sugar boba, saatnya untuk membuat kue polos. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue polos adalah:

  • 4 butir telur
  • 180 gr gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • Vanilla essence secukupnya
  • 170 gr terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • 40 ml susu cair
  • 100 gr FILMA Margarine yang telah dilelehkan
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm susu bubuk

Untuk langkah-langkah membuat kue polos adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan gula, telur,dan emulsifier menggunakan mixer selama 10 menit dengan kecepatan tinggi sampai berwarna putih mengembang.
  2. Kecilkan mixer. Masukkan susu bubuk, vanilla, maizena, dan baking powder. Campur rata sebentar, masukkan terigu dan susu cair, campur kembali sampai rata. Matikkan mixer.
  3. Tuang mentega leleh, aduk dengan spatula sampai rata. Olesi loyang dengan FILMA Margarine dan taburi tepung sampai rata.
  4. Panaskan oven. Panggang kue pada suhu 180 derajat selama kurang lebih 25 menit. Angkat kue dan dinginkan.

Komponen yang terakhir adalah saus cream cheese. Bahan-bahan untuk membuat saus cream cheese adalah sebagai berikut:

  • 150 gr cream cheese
  • 250 ml whipping cream
  • 150 ml susu kental manis
  • 1 sdt garam
  • Susu cair UHT secukupnya

Untuk langkah-langkah membuat saus cream cheese adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan cream cheese, whipping cream, susu kental manis dan juga garam. Kocok dengan mixer agar tercampur dengan rata dan mengembang.
  2. Setelah mengembang, tuang sedikit demi sedikit susu cair lalu aduk rata. Sesuaikan tingkat kekentalan saus sesuai selera.

Setelah ketiga komponen siap, langkah untuk menyusun Boba Cake agar terlihat menarik adalah dengan meletakkan kue polos di atas piringan cake atau piring rata, lalu tuangkan saus cream cheese di atas kue hingga menutupi hampir seluruh permukaan kue. Terakhir, tuangkan brown sugar boba di atas kue hingga terbentuk gradasi warna yang cantik.

Membuat Boba Cake kekinian tidak sulit, bukan? Walaupun mudah, ada baiknya jika kita memperhatikan tips-tips dalam membuat bahan utama dari Boba Cake yaitu brown sugar boba itu sendiri:

  1. Dalam merebus boba, pastikan adonan selalu diaduk. Hal ini bertujuan untuk mencegah boba menempel pada permukaan panci.
  2. Jangan terlalu banyak memberikan tepung karena akan membuat boba keras dan tidak kenyal.
  3. Sesuaikan ukuran boba dengan ukuran sedotan (jika akan dihidangkan menggunakan sedotan) sehingga jangan terlalu besar.
  4. Jika adonan boba mengering dan pecah setelah dibentuk, bisa tambahkan sedikit air panas
  5. Sebelum direbus, taburi boba yang sudah dibentuk dengan sedikit tepung tapioka agar tidak lengket.

Demikian ulasan mengenai Boba Cake, cara membuat beserta tips untuk membuatnya. Pakarians bisa coba membuat Boba Cake seperti contoh di atas atau dengan kreasi lainnya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Komentar (0)
Belum terdapat komentar pada halaman ini.