Succes Story

JANGAN DIAM DI TEMPAT – KUNCI RENATA CAKE TERUS KOKOH BERDIRI

Berawal dari hobi, membuat kreasi cake menjadi pekerjaan yang dilakukan setiap hari.

Eka Asmareni pemilik Renata Cake bercerita mengenai perjalanannya saat memulai membangun usaha kuenya. Memiliki hobi membuat dan berkreasi mendekorasi kue  menjadi salah satu modalnya dalam membangun Renata Cake. 

Sebagai seorang single parent, pekerjaan ini dinilai sebagai pekerjaan yang menghasilkan tanpa perlu banyak waktu meninggalkan rumah dan anak-anaknya. Melalui usaha ini, ia mengatakan bisa sekaligus menjadi wadah bagi anak-anaknya untuk belajar membuat kue hingga menjadikannya itu sebagai tempat belajar mencari penghasilan. 

Enam tahun sudah Renata Cake berdiri, dengan modal awal 25 juta rupiah, ia menuturkan bahwa semakin hari produknya semakin dikenal dan dicari oleh banyak pelanggan. 

Segala upaya pun dilakukan untuk membuat usaha kue ini terus berdiri dan tidak gagal. Awalnya Eka belajar membuat kue secara otodidak,  seiring berjalannya waktu dan merasa memiliki biaya lebih, ia terus melatih kemampuannya dengan mengikuti kursus dan kegiatan lain yang bisa menambah pengetahuan dan skillnya. 

Meskipun usaha serupa telah banyak berdiri dan mudah ditemukan di hampir setiap penjuru tempat, Renata Cake tetap dicintai karena memiliki keunggulan yang menjadi ciri khas dari Renata Cake yaitu, nilai seni yang ada pada setiap produknya. Ya, Renata Cake fokus pada cake decoration yang mengutamakan karya seni dekorasi atau hias. Ia juga mengatakan bahwa setiap produknya memiliki ciri tersendiri. 

Produk cake decornya pun tidak hanya berupa kue ulang tahun, melainkan kue untuk acara lainnya seperti pernikahan, mulai dari tema anak-anak dengan aneka tokoh kartun, action figure, seragam aneka pekerjaan, hingga konsep hari raya. Kecintaannya pada seni benar-benar tertuang pada setiap produknya. Konsumennya bahkan sangat menyukai dan puas sekali dengan hasil buatannya.

Kesuksesaan Renata Cake saat ini tidak terlepas dari peran sosial media. Sebagai platform yang hampir dimiliki setiap orang ini telah membantu Eka dalam mengenalkan dan mempromosikan Renata Cake. Saat ini, rata-rata pelanggannya pun mengetahui produknya dari sosial media. Salah satu sosial media yang digunakan Eka untuk mempromosikan usahanya yaitu instagram. Melalui akun instagram @ekaasmareni, hampir setiap hari Eka mengunggah foto-foto produknya. Perbedaan secara signifikan pun ia dapatnya sejak sebelum dan sesudah menggunakan sosial media, yaitu semakin banyak orang yang mengetahui produk dan usahanya. 

Meskipun fokusnya adalah pada dekorasi, namun kualitas lain pada produknya pun tetap ia perhatikan terutama soal rasa. Guna menambah cita rasa pada kuenya, ia menggunakan produk Filma sebagai bahan utama untuk base cake. Adapun produk Filma yang selalu ia gunakan yaitu Filma Margarin. 

Membangun sebuah usaha, memang terlihat sulit di awal. Eka memberikan saran kepada Pakarians semua yang berniat membangun sebuah usaha terutama bakery ataupun yang saat ini sudah menjalankan usaha agar harus berani mencoba, terus berkarya dan jangan cepat puas dengan hasil karya yang dibuat. Jangan diam di tempat karena saat ini sangat banyak kesempatan yang bisa kita gunakan untuk belajar. Sosial media, bukan hanya sebagai sarana promosi tetapi juga untuk belajar. Terus berkembang dengan menyesuaikan dengan trend saat ini.